Kenapa Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Jakarta - Kenapa laptop lemot? Bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Pertanyaan ini mungkin terlintas di pikiran kamu yang melakukan kegiatan di rumah. Dikutip detikINET dari Panda Security, Kamis (9/9/2021) di bawah ini ada sejumlah cara mengatasi laptop yang sering hang karena lemot. Harus ada ruang bebas 15% di hard disk. Jika hard disk mulai penuh, ini bisa membuat laptop lemot. Hapus beberapa program atau file yang ada untuk meningkatkan kecepatan laptop kamu. 2. Tabnya kebanyakan kali? Jika kerja dengan proyek besar, maka tidaklah mengejutkan kalau kamu memiliki begitu banyak tab dan lupa ditutup. Jangan lupa refresh browser atau mesin pencarian untuk membuat laptop tidak lemot. File sementara yang digunakan untuk proses instalasi aplikasi jangan lupa dihapus. Caches dan cookies dari internet juga memperberat kerja laptop. Untuk Mac, install aplikasi CCleaner untuk mengetahui temporary files dan menghapusnya. Restart laptop bisa menyegarkan memori dan bisa memberikan peluan g untuk update install. Jika kerja laptop terus menerus nonstop, baiknya restart sekiranya satu minggu sekali untuk memastikan laptop berjalan lancar. Coba bantu kinerja laptop dengan mulai backup data dengan memberi hard disk eksternal. Kamu juga boleh memanfaatkan layanan online Google Photos, Amazon Drive, Dropbox dan lainnya. Dengan begitu, RAM aman dan OS berjalan lebih baik. Siswa Tertarik Belajar Bahasa Asing selama Libur? Mahasiswa Kuliah Sambil Kerja? Indra Bekti Tiba-tiba Baca Doa Keluar Rumah, Istri: Mau ke Mana?

Beberapa update ini terhitung minor tapi ada juga yang membawa perubahan signifikan terhadap kinerja dan efisiensi sistem. Windows 10 bisa menjadi lambat karena banyaknya program yang langsung berjalan otomatis saat laptop atau PC dihidupkan. Untuk mempercepat booting di Windos 10 kalian bisa membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat booting. Caranya buka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang berjala n saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop. Disk Cleanup merupakan utility yang bisa membantu kalian menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti file sementara, halaman web offline, dan file installer. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start dan klik Disk Cleanup. Windows 10 memiliki banyak animasi dan efek khusus yang ditampilkan. Tapi animasi dan efek grafis ini justru membuat laptop kalian menjadi lemot. Untungnya, ada cara mudah untuk mengatur atau menonaktifkannya. Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan kalian bisa memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan. Performa perangkat dan Windows 10 akan bisa ditingkatkan secara signifikan dengan menambah kapasitas RAM.

· Dapat mengidentifikasi virus secara otomatis. · Versi gratisnya hanya digunakan secara personal. · Proses instalasi membutuhkan waktu yang lama berbeda dengan antivirus lain. · Fitur keamanan real time cukup mengganggu. Antivirus ini termasuk salah satu antivirus yang ringan dan handal yang memiliki tingkat perlindungan dan keamanan terbaik. Avast memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya jangan khawatir, kemampuannya juga sangat bagus. Beberapa fitur yang terdapat di antivirus ini yaitu CyberCapture untuk membersihkan adanya ancaman, atau WiFi Inspector untuk mengamankan jaringan WiFi. Avast juga terdapat Smart Scan yang berfungsi untuk mendeteksi ancaman keamanan dan Game Mode yang mengatur notifikasi dan Behaviour Shield sebagai pengawas aplikasi. · Fitur keamanan real time dan scanning lengkap. · Fitur password manager untuk keamanan akun. · Sering muncul pop-up, berbagai iklan promosi dari Avast. · Sering melakukan proses penginstalan/update terhadap perangkat lunak yang tidak memiliki keterkaitan dengan Avast. Antivirus ini resmi diakusisi Avast Software di tahun 2016, AVG juga telah lama menjadi software antivirus yang bisa diandalkan.

DDR RAM. Jenis RAM ini mampu menjalankan dua instruksi s ekaligus dalam waktu yang sama dengan kecepatan tinggi dan memiliki kapasitas 184 pin dan banyak digunakan pada perangkat laptop. EDO RAM. Jenis RAM ini memiliki kemampuan yang lebih cepat ketika membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Kecepatan EDO RAM mencapai hingga lebih dari 66 Mhz. 2. Kotak dialog shutdown akan muncul. 3. Kotak akan terlihat berbeda tergantung pada versi Windows yang digunakan. 4. Klik reboot di dalam kotak. Kipas laptop yang mati sering terjadi karena tidak berfungsi apabila sensor panas laptop atau PC, karena kondisi yang panas. Kondisi panas tersebut bisa diakibatkan oleh tersumbatnya saluran pembuangan angin oleh debu, sehingga udara panas yang ada di dalam laptop atau PC terkurung. Cara mengecek kipas laptop ini bisa dilakukan dengan menginstall beberapa aplikasi, seperti SpeedFan hingga HWInfo. Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan serta keamanan data dan sistem di kompu ter.

Harapannya, setelah melakukan update windows, laptop kamu akan bekerja dengan lebih baik. Tapi, pernah nggak, sih, kamu mengalami laptop lemot setelah update? Keluhan ini seringkali dialami oleh sejumlah pengguna Windows dan biasanya bikin agak kesal. Jika kamu juga mengalaminya, simak ulasan di bawah ini untuk cari tau lebih lanjut! Kejadian laptop lemot setelah update pasti ada alasannya karena tidak hanya terjadi pada satu dua orang saja. Ada beberapa dugaan penyebab laptop lemot setelah update sistem Windows. Agar lebih mudah mengatasi laptop lemot setelah update, ketahui dulu penyebabnya di bawah ini! Sistem operasi Windows dengan seri yang lebih tinggi pasti akan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih mumpuni juga. Karena semakin tinggi versi Windows-nya, akan makin canggih juga program dan layanannya. Contohnya pada Windows 11, Microsoft memberikan fitur TPM 2.0 untuk meningkatkan performa dan keamanan laptop. Karena merupakan teknologi baru, fiitur TPM 2.0 ini hanya didukung oleh prosesor AMD dan prosesor Intel keluaran terbaru saja.